RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah :
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami Alquran dan Hadist sebagai pedoman
hidup
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan cara memfungsikan Alquran dan Hadits
C.
tujuan
pembelajaran
- Dapat Menyebutkan cara memfungsikan Alquran
dan Hadits
- Dapat membaca ayat-ayat Alquran dan Hadits
dengan baik dan benar
- Dapat menghafal ayat-ayat pendek dan Hadits
-
Pendidikan
Karakter yang diharapkan:
§ Cinta Alquran (ilmu)
§ Tekun
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Mentaati dan menerapkan isi Alquran dan
Hadits dalam kehidupan sehari-hari
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Siswa mampu menyebutkan cara-cara
memfungsikan Alquran dan Hadits
- Siswa mampu membaca ayat-ayat Alquran dan Hadits
dengan baik dan benar
- Siswa mampu menghafal ayat-ayat pendek Alquran
dan Hadits
E.
MATERI PELAJARAN
1. Cara memfungsikan Alquran
- Alquran sebagai petunjuk
- Alquran sebagai penjelas
- Alquran sebagai pembeda antara yang hak
dan yang bathil
2. Cara memfungsikan Hadits
- Megukuhkan hukum-hukum yang telah
disebutkan dalam Alquran
- Menafsirkan ayat-ayat Alquran yang
bersifat majmul (global)
- Membatasi keumuman Alquran
- Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam
Alquran
F.
metode
pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Hafalan
G.
langkah-langkah
pembelajaran
no
|
kegiatan
pembelajaran
|
alokasi waktu
(Menit)
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
-
mengucap salam
-
merapikan kelas, menertibkan siswa dan
membaca buku absensi siswa
-
menyampaikan SK dan KD yang ingin
dicapai dan menyiapkan bahan ajar
|
10
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Menerangkan macam-macam fungsi alquran
dan hadits kepada siswa secara klasikal
-
Membacakan surat Al Baqarah (185) dan
surat Ibrahim (1)
-
Bersama siswa membaca surat Al Baqarah
(185) dan surat Ibrahim (1) serta hadits-hadits yang berhubungan dengan cara
memfungsikan alquran
Elaborasi
-
Meminta siswa menyebutkan macam-macam
fungsi Alquran dan Hadits secara acak
-
Meminta beberapa siswa untuk
membacakan potongan ayat Alquran dan Hadits secara sendiri-sendiri
-
Memberikan pertanyaan-pertanyaan dan
memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran
Konfirmasi
-
Memberikan apresiasi kepada siswa yang
aktif mengikuti pembelajaran
-
Mengidentifikasi/evaluasi siswa yang
tuntas/belum tuntas dalam penerimaan materi pembelajaran
-
Memaparkan pendidikan karakter yang
telah dicapai setelah menyelesaikan materi/proses pembelajaran
|
60
|
3
|
Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan materi pembelajaran
-
Melakukan penilaian terhadap
partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran
-
Menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
-
Salam penutup
|
10
|
H.
sumber dan media
belajar
-
Buku
Alquran dan Hadits kelas VII
-
Internet
I.
penilaian
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Cinta ilmu
§
Kebiasaan
menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberi-kan kebajikan
bagi dirinya.
Mandiri
§
Mampu mencari
sumber belajar sendiri
Kreatif
§
Mendiskripsikan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§
Menjelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an
§
Menunjukkan cara
memfungsikan Hadist
§
Menggmbarkan cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
1.
Sebutkan fungsi AlQur’an
dan hadits?
2.
Kemukakan contoh
memfungsikan AlQur’an dan hadits dalam kehidupan sehari-hari!
3.
Dalam urusan apakah
kita diwajibkan musyawarah?
|
kunci
jawaban
1. Fungsi alquran adalah sebagai petunjuk,
penjelas dan pembeda antara yang benar dan yang salah.
Fungsi hadits adalah:
-
Mengukuhkan
hukum-hukum yang telah disebutkan dalam alquran
-
Menafsirkan
ayat-ayat alquran yang bersifat global
-
Membatasi
keumuman alquran
-
Menetapkan
hukum yang belum terdapat dalam alquran
2.
Contoh
memfungsikan alquran dan hadits dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
-
Menjadikan
alquran dan hadits sebagai pedoman hidup diri sendiri, keluarga, masyarakat dan
bernegara.
-
Menjadikan
alquran dan hadits sebagai pedoman dalam menyelesaikan segala masalah dengan
jalan musyawarah
3.
Kita
sebagai muslim diwajibkan selalu mengambil jalan musyawarah dalam menyelesaikan
segala urusan/masalah dalam bermasyarakat karna musyawarah merupakan jalan yang
dianjurkan dalam isi Alquran dan Hadits
J.
PEDOMAN PENILAIAN
No
|
Aspek Penilaian
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
|
Penalaran
|
Komunikasi lesan
|
§ Jawaban salah
§ Komunikatif
§ Ketepatan Jawaban
|
1
2
3
|
Komunikasi
tulis
|
§ Jawaban salah
§ Mudah dipahami
§ Ketepatan Jawaban
|
1
2
3
|
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Komunikasi
lesan
|
Komunikasi tulis
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
Nilai = skor yang dicapai x 100
skor maksimal (9)
Guru Pamong
NIP.
|
Mengetahui
|
Jepara, 11 September 2012
Mahasiswa Praktikan
NIM.
|
Dosen Pembimbing Lapangan
NIP.
|
Kepala MTs..............
NIP.
|