COVER
|
ANALISIS
PENENTUAN
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
KELAS : ___________
SEMESTER : ___________
TAHUN : _____ /_____
NAMA GURU : ………………………………………………..
NIP : ………………………………………………..
NAMA
SEKOLAH : ………………………………………………………..
STATUS
SEKOLAH :
………………………………………………………..
ALAMAT
SEKOLAH :
…………………………………………………………
…………………………………………………………
…………………………………………………………
TELEPON : ………………………………………………………..
e-MAIL : …………………………………………………………
PETUNJUK MENENTUKAN KKM
A.
Faktor penentu KKM
Satuan pendidikan wajib dan diberi
kewenangan penuh untuk menentukan KKM setiap tahun. KKM termasuk peraturan
akademik yang menjadi bagian dari
dokumen KTSP yang disusun oleh satuan pendidikan. KKM ditetapkan oleh Kepala
Sekolah dengan memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah.
Penentuan KKM berdasarkan hasil
analisis tiga faktor, yaitu :
- Kompleksitas tiap kompetensi dasar (KD)
- Kondisi daya dukung yang terdiri dari sumberdaya manusia dan sarana prasarana/fasilitas sekolah
- Kemampuan rata-rata peserta didik (intake)
B.
Langkah-langkah penentuan KKM
KKM ditentukan berdasarkan analisis KD setiap mata
pelajaran untuk masing-masing jenjang/tingkat kelas berlaku untuk satu tahun
pelajaran, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Menghitung jumlah KD yang diajarkan dalam satu tahun (2 semester) untuk setiap mata pelajaran sesuai jenjang/tingkat kelas
- Menentukan skor (nilai) yang sesuai dengan sifat dan kondisi masing-masing faktor
- Kompleksitas (K) ;
Kompleksitas KD ditentukan
berdasarkan tingkat kesukaran masing-masing KD. Skor kompleksitas diberikan 40
– 100. Semakin sukar suatu KD, skor ketuntasan minimal yang diberikan semakin
rendah atau mendekati skor 40. Sebaliknya, semakin mudah suatu KD, skor ketuntasan
minimal yang diberikan semakin tinggi atau mendekati skor ideal nasional 75.
Disarankan, penentuan skor
kompleksitas dilakukan oleh kelompok guru sejenis (MGMP atau KKG) wilayah
setempat
- Daya dukung (D) ;
Penentuan skor daya dukung
berdasarkan kondisi kualitas SDM yang ada, dominan pendidik dan kualitas sarana
prasarana. Skor daya dukung diberikan 40
– 100. Semakin tinggi kualitas SDM dan sarana prasarana,
semakin tinggi skor ketuntasan minimal yang ditentukan atau sebaliknya
- Intake (I) ;
|
- Menghitung KKM tiap KD menggunakan rumus : KKM =
Keterangan :
K :
Kompleksitas
D
: Daya dukung
I : Intake
- Menentukan KKM untuk setiap mata pelajaran, dengan cara menjumlahkan KKM semua KD, kemudian dibagi jumlah KD
C. Format
analisis penentuan KKM …………………….terlampir
ANALISIS
PENENTUAN KKM
Mata
Pelajaran : ………………………………………………….
Kelas/ Semester : ………….../…………………
Tahun Pelajaran : ................./……………………….
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPLEK- SITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE SISWA
|
KKM KD (100%)
|
|
PENDIDIK
|
SARPRAS
|
|||||
(40-100)
|
(40-100)
|
(40-100)
|
(40-100)
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6
|
(7)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPLEK- SITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE SISWA
|
KKM KD (100%)
|
|
PENDIDIK
|
SARPRAS
|
|||||
(40-100)
|
(40-100)
|
(40-100)
|
(40-100)
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6
|
(7)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|