menu

SELAMAT DATANG SAHABATKU JEPARA

Jumat, 04 Oktober 2013

ANALISIS PENETUAN KKM


COVER






LOGO
PEMKAB/KOTA
 
 







ANALISIS PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

                        KELAS              : ___________
                        SEMESTER       : ___________
                        TAHUN             : _____ /_____




                        NAMA GURU    : ………………………………………………..
                        NIP                  : ………………………………………………..





NAMA SEKOLAH      : ………………………………………………………..
STATUS SEKOLAH   : ………………………………………………………..
ALAMAT SEKOLAH   : …………………………………………………………
                                  …………………………………………………………
                                  …………………………………………………………
TELEPON                 : ………………………………………………………..
e-MAIL                     : …………………………………………………………
PETUNJUK MENENTUKAN KKM

A.   Faktor penentu KKM
          Satuan pendidikan wajib dan diberi kewenangan penuh untuk menentukan KKM setiap tahun. KKM termasuk peraturan akademik yang menjadi bagian  dari dokumen KTSP yang disusun oleh satuan pendidikan. KKM ditetapkan oleh Kepala Sekolah dengan memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah.
          Penentuan KKM berdasarkan hasil analisis tiga faktor, yaitu :
  1. Kompleksitas tiap kompetensi dasar (KD)
  2. Kondisi daya dukung yang terdiri dari sumberdaya manusia dan sarana prasarana/fasilitas sekolah
  3. Kemampuan rata-rata peserta didik (intake)

B.   Langkah-langkah penentuan KKM
          KKM ditentukan berdasarkan analisis KD setiap mata pelajaran untuk masing-masing jenjang/tingkat kelas berlaku untuk satu tahun pelajaran, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Menghitung jumlah KD yang diajarkan dalam satu tahun (2 semester) untuk setiap mata pelajaran sesuai jenjang/tingkat kelas
  2. Menentukan skor (nilai) yang sesuai dengan sifat dan kondisi masing-masing faktor
    1. Kompleksitas (K) ;
Kompleksitas KD ditentukan berdasarkan tingkat kesukaran masing-masing KD. Skor kompleksitas diberikan 40 – 100. Semakin sukar suatu KD, skor ketuntasan minimal yang diberikan semakin rendah atau mendekati skor 40. Sebaliknya, semakin mudah suatu KD, skor ketuntasan minimal yang diberikan semakin tinggi atau mendekati skor ideal nasional 75.
Disarankan, penentuan skor kompleksitas dilakukan oleh kelompok guru sejenis (MGMP atau KKG) wilayah setempat
    1. Daya dukung (D) ;
Penentuan skor daya dukung berdasarkan kondisi kualitas SDM yang ada, dominan pendidik dan kualitas sarana prasarana. Skor daya dukung  diberikan 40 – 100. Semakin tinggi kualitas SDM dan sarana prasarana, semakin tinggi skor ketuntasan minimal yang ditentukan atau sebaliknya
    1. Intake (I) ;
K + D + I
3
 
Kemampuan awal rata-rata peserta didik atau intake ditentukan ber-dasarkan data peserta di kelas asal/tingkat sebelumnya. Intake juga dapat ditentu-kan berdasarkan hasil tes awal atau hasil ulangan harian pertama (KD-1). Skor ketuntasan minimal yang diberikan 40 – 100. Semakin tinggi kemampuan awal rata-rata peserta didik, semakin tinggi pula skor ketuntasan  minimal yang diberikan
  1. Menghitung KKM tiap KD menggunakan rumus : KKM =
                        Keterangan :
                                  K : Kompleksitas
                                  D : Daya dukung
                                  I  : Intake
  1. Menentukan KKM untuk setiap mata pelajaran, dengan cara menjumlahkan KKM semua KD, kemudian dibagi jumlah KD
C.   Format analisis penentuan KKM …………………….terlampir

ANALISIS PENENTUAN KKM
                                    Mata Pelajaran        : ………………………………………………….
                                    Kelas/ Semester     : ………….../…………………
                                    Tahun Pelajaran     : ................./……………………….

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
KOMPLEK- SITAS
DAYA DUKUNG
INTAKE SISWA
KKM KD (100%)
PENDIDIK
SARPRAS
(40-100)
(40-100)
(40-100)
(40-100)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6
(7)
































































































STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
KOMPLEK- SITAS
DAYA DUKUNG
INTAKE SISWA
KKM KD (100%)
PENDIDIK
SARPRAS
(40-100)
(40-100)
(40-100)
(40-100)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6
(7)



























Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar